Sebenarnya Ninja 2tak keluaran terbaru baik itu RR/R/SS enggak rakus-rakus amat negak bensinnya, apa lagi bila kita bandingkan dengan motor-motor 2tak dari pabrikan sebelah. Tapi karena bermesin 2tak tetap saja banyak yang beranggapan kalau ninja RR/R/SS itu boros bensin. Berdasarkan pengalaman pribadi setiap kali ngomongin ninja 2tak itu pasti yang ditanya “Boros bensin enggak???”
Sebenarnya ada berapa cara bagi pemilik ninja 2tak bikin motor ninja makin irit bensin, cara sederhana tapi lumayan membuat isi dompet tidak cepat menipis. Misalnua kalau biasanya sehari bisa ngabisin bensin 2 liter atau lebih dengan cara sederhana tersebut bisa ngabisin 1 liter lebih dikit, penghematan setengah liter bensin di kalikan seminggu lumayankan apalagi bila dikalikan sebulan.
Cara agat Kawasaki Ninja 2tak makin irit bensin
~ Buang Kebiasaan Memanasakan Mesin Motor Dalam Keadaan Diam
Ini kebiasaan yang merupakan warisan dari para bokap kita, sedari kecil kita sudah sering lihat bapak kita memanaskan mesin motornya entah itu di pagi hari, siang ataupun sore. Tanpa kita sadari kebiasaan tersebut terwariskan kepada kita.
Bayangkan saja bila kita memanaskan motor kita dalam keadaan diam selama 5 sampai 10 menit sudah berapa cc bensin terbuang sia-sia, mungkin tidak seberapa besar tapi ada pepatah “sedikit-dikit lama jadi bukit”. Kebiasaan memanaskan mesin motor 2tak/ motor yang lain sudah lama saya tinggalkan.
Sebagai contoh dalam kegiatan saya sehari-hari bila berangkat dari rumah di pagi hari. Mesin Ninja 2tak biasanya memang susah hidup dalam keadaan dingin, untuk itulah cuk harus kita gunakan. Saya rasa fungsi cuk semuanya sudah pada tau namun agar artikel ini lebih panjang jalan ceritanya fungsi dari cuk motor akan saya jelaskan. Cuk berfungsi untuk menutup sebagian besar lobang udara pada karburator sehingga perbandingan udara dengan bahan bakar menjadi kaya (banyak uap bahan bakarnya) sehingga mudah untuk menyalakan motor saat udara dan mesin motor dingin. Cara pemakaian tinggal tarik tuas cuk saat akan menyalakan motor di pagi hari dan kembalikan posisi cuk setelah motor menyala normal.
Seperti itulah yang kegiatan harian yang saya lakukan pada ninja 2tak itu. Cuk saya tarik, sekali engkol langsung treteeeeng teeeng teeeeng········. Saya biarkan putaran mesin yang meninggi itu mereda perlahan-lahan selama 5 detik. Kopling saya tarik, gigi transmisi 1 saya masukkan, Cabuuuuut daaaaaah. Saya jalankan motor dalam keadaan santai sejauh 10-15 meter dengan gigi transmisi 2, cuk motor saya turunkan. Oli mesin beredar dengan sempurna jadi silahkan pake semau kita. Yuuuuupsss···· saya memanaskan mesin dalam keadaan motor berjalan. Bila anda melakukan hal yang sama seperti saya maka anda membuat Ninja 2tak anda irit bensin karena anda tidak membuang bahan bakar secara percuma dalam keadaan diam ketika memanaskan mesin.
~ Ngebut Seperlunya Aza
Tantangan terbesar ketika kita naik Ninja 2tak, apa lagi ketika menemukan jalan panjang dengan kondisi mulus nan lengang telapak tangan kanan serasa gatal pengen ngegas sedalam-dalamnya. Ini sering banget saya alami, 120 kpj enggak terasa apa-apa, yang terjadi spedometer terus naik-naik ke puncak gunung. Yang terjadi secara wajar konsumsi BBM bisa tembus 1 L : 30-33 Km, Kerena ngekips terus ujung-ujungnya hanya dapat 1 L : 26-27 Km. Boros??? Yuuuuupss boros tapi itu sama dengan konsumsi Ninja 250 karbu/ Fi.
Jujur pada awal-awal punya Kawasaki Ninja 2tak ya pengen ngebut terus tapi seiring waktu ya bosan juga. Dari pada uangnya hanya buat beli bensin terus, mendingan coba ngirit lalu uangnya bisa ditabung buat beli Agya hahahahaa······ jadi sekarang kalau ngebut seperlunya aza. Jika suhu radiator mulai meninggi baru dah ritual ngekips di jalankan. Jadi sekarang kalau lagi touring sendirian kecepataannya hanya 50 – 60 kpj secara konstan lumayan ngemat 20% BBM-loh. Hampir lupa kalau mau ngekips-pun enggak langsung gas poool tapi secara bertahap.
~ Matikan Mesin Ketika Berhenti di Lampu Merah.
Ini merupakan satu cara yang saya lakukan agar Ninja 2tak saya irit bensin di area perkotaan. Kalau pas berhenti di lampu merah dan lampu merah itu baru nyala langsung dah ketika berhenti saya matikan mesin. Kalaupun terpaksa enggak matikan mesin ya jangan mainkan gas, Kebiasaan yang membudaya di lampu merah ni, kendaraan ga jalan aja di gas, mubazir.
~ Pilih Teman Yang Paling Ringan Berat Badannya Untuk Di Bonceng
Ini cara saya selanjutnya yang membuat ninja 2tak saya irit BBM-nya. Kalau ngumpul bareng teman kemudian kita sepakat mau berpergian, cari teman yang paling ringan berat badannya untuk kita gonceng. Percayalah dengan membonceng teman dengan berat badan 100 kg akan membuat ninja 2tak lebih rakus BBM dibandingkan kita membonceng teman yang memiliki berat badan 50 kg. Usahakan untuk tidak membonceng penumpang bertumbuh gendut atau berat badan berlebihan kecuali dalam keadaan terpaksa wkwkwkkk····
gampang, jangan dipake heheheh
http://kobayogas.com/2014/02/24/test-drive-tematis-diesel-renault-duster-1-5-dci-the-europeans-budget-suv-part-i/
makin irit bila pas dipake, BBM-nya campur dorong
heheheee
Mahal, karena kudu diisi makanan n minuman yg dorong nya wkwkwkwk
Yang punya moge aza
jalannya pelan-pelan tuh
Pak,,,
pasti biar ngirit juga BBM-
nya hahahaaa
padahal berpuluh-puluh kali
lipat lebih kencang dari Ninja
2tak
Kalau kenceng, gak keliatan kerennya pak Guru, sekelebatan doang 😀
———–
Test Drive Fortuner 2011
http://kobayogas.com/2014/02/25/test-drive-tematis-mesin-diesel-fortuner-at-d-4d-g-2011/
Hahahahaa···· Pak Yoga ngelesnya jago juga
tapi iya juga seh, Moge kan punya jurus andalan
“Tendangan Tanpa Bayangan”
Kalau ngebut nyuuus nyuuus nyuuus
bayangan bikernya aza yang ketinggalan
Xi xixixii···
Wakak, tips terakhirnya agak sesuatuuu 🙂
http://potretbikers.com/2014/02/24/honda-revo-fi-tembus-1398kmliter/
hehehee
Klo saya malah punya anggapan motor 2T tidak perlu dipanaskan
😀
dulu pernah punya Satria Ru
Satria 2tak lebih beringas,,,
Satria Fi enggak ada apa-apanya.
Mungkin akan terjadi pula pada Ninja 250 Mono
Kencang tapi enggak beringas
nambahin.
Buat yang tinggal dikota,pilih jalan sebelum berangkat. Maksudnya hindari jalan yg macet. Atau kalo enggak pilih jam jam yg enggak macet.
Thank’s atas tambahannya
kalo temenya bongsor semua gmana dnk ? wkwkwk . . . .
sarankan buat diet, program OCD bisa jadi solusinya
jangan dipakai pasti sangat irit
http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/02/25/seputar-suzuki-spin/
kalau mau dipakai motor ninjanya minta ditarik sama motor teman
10 km bisa 0 Liter konsumsi bbm-nya
ngebut seperlunya…? he he he… susah kalau naik ninja 😉
kalau naik bebek pasti bisa 🙂
http://bakulkangkungjpr1.com/2014/02/25/ketika-balap-sport-150-cc-mulai-bergulirkawasaki-piye-akankah-nuncul-ninnjarr-150-bermesin-klx150/
itu tantangan terbesar buat biker ninja 2tak
ngebut seperlunya aza.
bawa ne pelan-pelan, xixixixi
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/25/bertemu-dan-konvoi-dengan-benneli-tnt-899-3-silindernya-menggoda/
makin pelan makin irit
kalo pake ninja sulit kalo gak ngebut haha
mhdharis.wordpress.com/2014/02/24/tim-ekspedisi-nusantara-tiba-di-medan-sekalian-nyicipin-test-ride-honda-megapro-fi/
pengennya superkips terus terbuka kalau ada jalan lurus nan lengang
wkwkwkwk… jahat banget.. pilih pilih temen..
OPINI: Sebaiknya Yamaha Jangan Masukin SZ-R 150
https://rezaholic.wordpress.com/2014/02/24/yimm-ngga-akan-berani-masukin-sz-r-150/
hahahaaaaa siapa suruh berat badan diatas rata-rata
wkwkwk..soalnya temennya yg berisi yg ngabisin stok bensin dibelakang..^loh..
http://hulssay.com/2014/02/24/curhatan-sohib-dibantu-ya/
tul tul tul tul
makanya kalau mau membonceng
pilihlah teman yang paling ringan berat badannya
wkwkwkwkwk..
🙂
http://hulssay.com/2014/02/25/fashion-asia-pria/
masa bawa ninja masih mikirin irit bensin?ya ninjanya digendong aja,wkwk
tak gendong kemana-mana 2x
Klenger daaaaaah
Jangan kena kompor ngebut 😀
http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/02/25/yuk-jalan-jalan-ke-air-terjun-di-kabupaten-gunung-mas-kalteng-d/
sayangnya dijalan sering dikompor-komporin
ujung-ujungnya kompornya pun meledug
Naik ninja memang nikmat… 😀
salam superkips
salam superkips,,,, tariiiik mang!!!!
hhehehehe jos artikelnya 😀 maju terus bro 😀 http://cicakkreatip.com/2014/02/25/r15-sudah-masuk-tanda-pendaftaran-tipe-kendaraan-bermotor-tpt-bentar-lagi-brojol-bro/
iya iya, tapi majunya lihat-lihat juga
entar ada tiang listrik,,, Gubraaaaaaak
qiqiqiqi
bs ditambahin bang,
*klo jln usahakan pk rpm jgn tinggi2,max 5rb gigi dioper.
jln konstan rpm 5rb udah lmyn kenceng koq di gigi 6.
*manasi mesin 2tak ckp 1mnt krn tdk spt 4tak yg ada noken,klep,kamprat,dll jd lgsg pancal pun tdk mslh krn fungsi oli mesin tdk spt oli mesin utk 4tak,cm mslhnya kl ninja mesin dingin krg enak.
kl mnrt ane suatu mtr boros tu jk tenaga tdk sesuai konsumsi bbm.
27hp on crank dgn 1ltr bs 2
Tambahannya makin melengkapi isi artikel,,,,
semoga berguna bagi yang mau Ninja 2taknya makin irit
27hp on crank dgn konsumsi 1ltr utk 25-28km y tdk boros lah.
tp itu relatif sih
ditangan biker yang sabar, Ninja 2tak bisa tembus 33-34 Km per 1 liternya loh
tp bang realita di jln penyemplak ninin pst speed freak kl riding sndr,kyk ane,tangan gatel deh liat jln alus&lengang,wah apalagi kl liat alay sok2an djln.
*tp kl sm ank&istri jln g pnh kenceng,mlh ank&istri ane blg “naek ninja ga enak,enak naek beat”
tepok jidat…
Betul betul betul betul betul betul
Performa dengan konsumsi BBM itu berbanding terbalik Mas.
tapi “Irit pangkal kaya” loh
anda mmg benar.
tp jk ada mtr yg konsumsi bbm nya byk tp tdk sebanding dgn tenaga yg dikeluarkan itu namanya boros.
*petuah dr Mekanik handal
Contohnya Yamaha Mio generasi awal
komengnya lucu2 bikin ngakak 😆
saya tersinggung karena berat badat diatas 50kg, walaupun belum sampe 100kg. lagian ngapain jd boncenger, enakan bawa ndiri.
eh, masbro , btw, foto masbro sekarang itu jaketnya dijual yahh, krn saya liat dikaskus sama orangnya
kalau ga mau boros motor nya di dorong aja,santei enjoi ga bakalan bobol dompet….
nice thread
beli ninja bisa -_- , masak beli bensin nya aja ngeluh
itu udah resiko ,, berani beli , berani ngerawat nya donk
hahah