BAN CACING NINJA 2TAK ENGGAK SELAMANYA ALAY

Ban Cacing salah satu virus modif dari Thailand yang hadir di negara kita, Mata kita kini sudah terbiasa melihat motor dengan ban cacing di jalanan. Taukah anda bahwa saya juga keracunan virus ban cacing tersebut. Sebuah motor ninja 2tak yang jadi korbannya. Bukan motor ninja saya tapi motor ninja 2tak milik adik sepupu saya. Oooooopsss····· jangan tuduh saya dan adik saya ALAYER yaaa.

tmp_Foto0014-1-1990173141

Bulan ini tepatnya tanggal 28 maret di Kota Sekadau akan diadakan balap resmi motor drag, 20 jeti diberikan oleh Panitia kalau kita bisa jadi juara satu, nyuuuus juga kan. Hadiah Pertama itu belakanganlah yang penting ikutan. Lah pembalap-pembalap drag seluruh Kalbar pada turun, denger-denger yang dari Pulau Jawa juga ada yang datang.

Tinggal hitung hari, ban dan velg standar sudah kita gudangkan. Velg jari-jari dan ban cacing sudah manis terpasang. badan saya sudah nyusut efek OCD dari 58 kg ke 49 kg (Pleaseeee···· jangan suruh saya tambah kurus lagi). Karburator Ninja R itu udah kita ganti dengan karbu RR. Lumayan gigi 3 masih bisa standing. Knalpot R9 saya percayakan untuk melekat di motor Ninja 2tak itu.

tmp_Foto0013-1097797591

Gir masih standar nee,,,, kira-kira ngejosnya pake gir dengan mata berapa yaaa??? Mohon masukan dari teman-teman yang lain, biar Black Ninja 2tak ini bisa tambah ngibriiiit lagi.

tmp_Foto0018887534617

Ban Cacing Ninja 2tak Untuk Ngedrag······ YES

Ban Cacing Ninja 2tak Untuk Harian···· NO

tmp_Foto0015-1834723451

 

 

 

Iklan

35 thoughts on “BAN CACING NINJA 2TAK ENGGAK SELAMANYA ALAY

  1. ah ga pcy deh kl ubahan cm ban cacing,snalpot r9&karbu rr.
    soalnya adu drag yg hadiahnya gede,plg enggak hrs di tune lg,musuhnya pst berat2 lah.
    imho
    aturanya spt apa bang?

    • Berat-berat, banyak pembalap drag benaran yang turun, Ninja dan Rx King korekan benar gila-gilaan.
      Yang boleh dikotak-katik pada motor kita :

      – Ganti Noken As Yang Berdurasi Tinggi
      – Ganti/Modifikasi Head Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Kompresi
      – Ganti Piston Yang Lebih Lebar Diameternya Dan Lebih Panjang Diukur Dari Lobang Pin Pistonnya
      – Ganti kompresi Tinggi
      – Ganti Koil
      – Mengubah Exaust Sistem
      – Meperlancar Lubang Pembuangan(Mesin)
      – Memperbesar Lubang Pembuangan(Knalpot)
      – Mengganti Knalpot Dengan Yang Lebih Lancar

  2. Merubah tenaga dari mesin 2 tak
    sesungguhnya sangat simple ketika kamu
    mengetahui teknik dasar mesin 2 tak.
    Kebanyakan kesalahan adalah memilih
    kombinasi yang kurang pas dari komponen
    mesin sehingga mesin justru berlari lebih
    parah dari standardnya, pernah mengalami?
    Karena memodifikasi mesin 2 tak
    memerlukan tidak hanya budget yang besar
    dalam pendanaan melainkan juga strategi
    modifikasi.
    Seperti kutipan graham bell pada halaman
    pertama buku TWO-STROKE PERFORMANCE
    TUNING karangannya, modifikasi dan
    pengerjaan yang terlalu berlebihan ( bore up ,
    porting terlalu lebar / tinggi ) bisa jadi justru
    menyakitkan karena hasil yang jauh dari
    harapan. Namun pengerjaan sederhana,
    berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi
    extreme belakangan bisa jadi adalah kunci
    kinerja mesin 2tak.
    Meski mesin 2 tak terlihat lebih simple dari
    mesin 4 tak, dengan komponen yang sangat
    sedikit, hanya piston didalam silinder, namun
    sesungguhnya mesin 2 tak sangat komplex
    dalam kalkulasi : utamanya memanfaatkan
    dinamika gerak gas dalam mesin untuk
    menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda
    yang sangat berpengaruh didalam crankcase
    maupun didalam blok cylinder pada waktu
    bersamaan, sehingga mesin 2 tak mampu
    bekerja lebih efisien (hanya cukup 360
    derajat putaran kruk as, dibanding 720
    derajat putaran kruk as oleh mesin 4 tak)
    inilah yang menyebabkan ledakan tenaga
    mesin 2 tak terasa menyengat dibanding 4
    tak.
    Rahasia tenaga mesin 2 tak adalah
    pengaturan kompresi primer dan sekunder
    didalam mesin. Inilah mengapa seringkali
    kita menyarankan pada rat rider kalau ingin
    mengirim mesin untuk dikerjakan sebaiknya
    seluruh mesin atau motornya dipaketkan
    sekalian, karena tidak cukup hanya
    modifikasi blok atau head saja. Mari kita
    amati cara kerja mesin 2 tak dalam sisi
    dinamika gas : 1) Awal mula piston berada
    pada titik mati atas ( TMA , nol derajat kruk
    as) bunga api mulai meletik dan gas dalam
    ruang bakar menyebar dan mendorong piston
    turun sebagai awal langkah usaha. Gaya
    dorong piston ini menekan gas ke dalam
    crankcase hingga menyebabkan petal
    terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut
    penting untuk menimbulkan kekuatan hisap
    pada reed valve, apalagi dibantu membran
    seperti v-Force dengan banyak katub buluh
    sehingga meski kompresi rendah campuran
    gas segar sudah dapat dengan mudah
    masuk. Pada sudut 90 derajat kruk as, dan
    piston berada dalam akselerasi negatif
    maksimum, porting exhaust terbuka sebagai
    tanda berakhirnya langkah usaha. Gas panas
    akan terbuang dengan sendirinya keluar ke
    knalpot. Kompresi pada kruk as mulai
    melemah saat porting transfer mulai terbuka.
    Tekanan dalam silinder harus diturunkan
    lebih rendah dari tekanan pada crankcase
    dengan tujuan agar gas yang tidak terbakar
    dapat keluar dari transfer ports selama masa
    pembilasan. 2) Transfer port terbuka
    sekitar 120 derajat sebelum titik mati bawah
    (TMB). Pembilasan dimulai. Artinya gas
    segar keluar dari porting transfer dan
    menyatu untuk membentuk sebuah siklus.
    Gas akan bergerak ke atas menuju belakang
    silinder dan berputar terus membilas sisa
    gas pembakaran dari proses power stroke.
    Penting bahwa sisa gas pembakaran harus
    dibuang sempurna, untuk membuka ruangan
    bagi campuran udara segar ke dalam ruang
    bakar. Itu adalah kunci membuat tenaga
    besar pada mesin dua tak. Semakin banyak
    gas segar yang mampu di kompresi pada
    kubah pembakaran = semakin besar tenaga
    tercipta! Sekarang gas segar juga turut
    terbuang hingga bagian header pada knalpot.
    Tapi gas segar ini tidak akan lolos begitu
    saja karena gelombang tekanan kompresi
    mempunyai pantulan dari desain ujung pipa
    knalpot yang baik, untuk membawa paket gas
    segar kembali ke dalam silinder sebelum
    piston menutup seluruh lubang porting. Inilah
    keunikan dari efek SUPER CHARGE pada
    mesin 2 tak. Dari sini terlihat betapa
    pentingnya desain knalpot 2 tak, perhitungan
    matang untuk mengurangi trial n error
    sangat dibutuhkan. Keunggulan utama dari
    mesin 2 tak adalah bahwa mereka mampu
    membakar lebih banyak udara/bahan-bakar
    dibandingkan kapasitas mesin yang terhitung
    melalui kalkulasi. Sebuah contoh : Mesin 4
    tak 125 cc sesungguhnya mungkin hanya
    mampu membakar 110 cc campuran udara/
    bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi
    pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah
    dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc
    standard kemungkinan bisa membakar 180 cc
    campuran udara-bahan bakar didalam
    silinder.
    Mampu melihat bedanya? Bisa membuat
    gambaran bagaimana merancang mesin 4
    tak agar mampu melawan mesin motor 2
    tak? porting 2 tak 3) Kini kruk as telah
    berputah melewati titik mati bawah (180
    derajat) dan piston memulai langkah
    upstroke. Gelombang kompresi yang
    memantul dari pipa knalpot membawa gas
    segar kembali melewati exhaust port (kini
    juga berfungsi menjadi inlet port bukan?)
    seiring piston menutup seluruh porting maka
    kompresi dimulai. Di dalam kruk as, tekanan
    menjadi lebih rendah dari tekanan atmosfer,
    menimbulkan kevakuman dan hisapan ini
    akan mebuka katub buluh dan memasukkan
    gas segar ke dalam crankcase.
    Gas yang tidak terbakar akan tertekan dan
    beberapa saat sebelum piston meraih TMA,
    sistem pengapian akan meletikkan bunga api
    dan memulai proses pengapian. Dan siklus
    akan terus berulang. Pelajari bagaimana
    proses dasar mesin 2 tak bekerja. Kapan
    porting mulai terbuka dan tertutup dalam
    durasi derajat kruk as, niscaya modifikasi kita
    akan berada pada jalan yang tepat.
    PORTING Tuning Blok 2 tak dengan bor 90
    derajat… mantapp : : pro tuning Porting
    dalam silinder didesain oleh para insinyur
    untuk menciptakan tenaga dalam rentang
    RPM tertentu sehingga menghasilkan
    karakter mesin tersendiri. Mengurangi metal
    dalam porting (exhaust dan transfer) berarti
    merubah durasi, luasan area, volume, serta
    sudut porting dengan tujuan untuk
    menentukan rentang tenaga sesuai kondisi
    trak dan karakter pengemudi. Sebagai contoh,
    mengendarai RM250 pada pegunungan
    berbatu perlu penyetelan agar tenaga lebih
    berisi pada putaran bawah – menengah
    karena mendaki lembah dan kelembaban
    udara pegunungan. Bagaimana kita mampu
    memodifikasi sebuah mesin? Sebelumnya kita
    harus mendapat sebanyak mungkin data dan
    informasi tentang karakteristik mesin
    standard pabrikannya. Kalkulasi ini penting
    ketika menyangkut PORTING – LUASAN AREA
    – DURASI. Ukuran area porting dan durasi
    berhubungan dengan kapasitas mesin dan
    RPM (mirip durasi noken as bukan?)
    Kemudahan kita memahami mesin 4 tak
    akan membawa kita pada pemahaman lebih
    dalam pada dinamika mesin 2 tak. Mudah
    untuk membuat 2 tak kencang, lebih mudah
    membuat mesin 2 tak lambat. Dan perlu
    kalkulasi mendalam untuk menciptakan
    mesin 2 tak yang Sangat Kencang!. .
    CYLINDER HEAD bisa dibentuk ulang untuk
    menciptakan karakter mesin. Head dengan
    diameter kecil dan ruang bakar yang dalam,
    serta squish lebar ( 60 % dari area boring )
    Dikombinasi dengan rasio kompresi 9 : 1
    akan sangat pas dengan karakter mesin
    motorcross. Serta beberapa kombinasi lain
    akan memunculkan karakter mesi yang
    berbeda. Squish lebar dengan kompresi tinggi
    akan menciptakan turbulensi gas dalam
    ruang bakar. Diukur dalam satuan Maximum
    Squish Velocity, dalam satuan meter per
    detil. Supercross engine harus memiliki MSV
    sekitar 28 m/ s. Perlu software khusus untuk
    menghitung MSV. Dalam buku graham bell,
    ada patokan tersendiri untuk menentukan
    karakter mesin (power band – RPM range).
    CARBURETOR pada mesin 2 tak adalah
    nyawa setelah modifikasi porting dan
    pengaturan kompresi. Karena durasi porting
    akan mempengaruhi puncak RPM mesin
    maka venturi karburator yang pas harus
    dilakukan dengan hati-hati. Secara umum,
    karburator kecil memiliki velocity tinggi dan
    cocok untuk karakter mesin yang
    mengandalkan torsi , dan tenaga pada RPM
    menengah. Untuk mesin 2 tak 125 cc,
    karburator dengan venturi 34 mm akan cocok
    untuk berlomba pada supercross yang
    membutuhkan tautan-tautan torsi menuju
    power sangat cepat. Karburator 36 mm akan
    bekerja untuk yang membutuhkan speed.
    REED VALVE Membran! Sudah kami bahas
    panjang lebar tentang pentingnya klep pada
    motor 2 tak ini. Berpikirlah membran ini
    seperti klep pada mesin 4 tak. Semakin besar
    klep dengan luasan area yang lebar akan
    sangat bermanfaat untuk diperas tenaganya
    pada putaran mesin tinggi. Membran dengan
    lidah berjumlah 6 atau lebih akan menjadi
    pemimpin di lomba, disaat mesin dengan
    katub buluh berjumlah 2 atau 4 kehabisan
    nafas. Ada 3 faktor penentu dalam pemilihan
    mebran : Sudut petal, Material petal,
    Ketipisan katub buluh. Rahasia tingkat tinggi
    ala mekanik internasional akan mudah kamu
    dapatkan pada membran buatan v-force, kala
    kita sudah kehabisan akal memodifikasi
    membran standard dengan main ganjal dan
    porting rumah membran. Material petal dari
    karbon kevlar yang sangat ringan akan
    membantu akselrasi hingga mensuplai di
    putaran tinggi. Pastikan mesin anda
    disokong perangkat isitimewa ini sebelum
    berlomba. Kekalahan akan terasa
    menyakitkan jika kita tidak mempersiapkan
    mesin pacuan kita dengan sempurna.
    PIPA KNALPOT Gelombang energi akan
    banyak dipasok dari hitungan dan desain
    knalpot yang tepat! Diameter, panjang,
    terutama 5 bagian utama dari pipa knalpot 2
    tak akan menjadi daerah rawan untuk
    menciptakan tenaga pada RPM tertentu. Area
    itu adalah : Header, Difuser, Dwell, Baffle, dan
    Stinger. Secara umum, knalpot yang baik
    harus mampu menaikkan tenaga pada rpm
    lebih tinggi. Pastikan keseuaian silinder
    mesin dengan knalpot serta RPM yang akan
    sering dipakai sebelum memesan sebuah
    knalpot. Exhaust tuning TIPS UNTUK BORE
    UP CYLINDER Ketika kamu merubah
    kapasitas dalam silinder mesin, ada banyak
    faktor yang harus diperhatikan. Seperti :
    porting, rasio kompresi, jetting karburator,
    silencer dan timing pengapian. Ukuran dan
    durasi porting exhaust dan intake terbuka,
    berbanding dengan kapasitas mesin dan
    RPM. Ketika dinding liner digerus untuk
    memasukkan piston yang lebih besar.

    #just share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s